10 Kampus Pemohon Hak Cipta dan Hak Paten Terbanyak Selama 2020-2022


Jakarta

Sejumlah kampus berhasil meraih penghargaan atas pencapaian jumlah Permohonan Paten dan Permohonan Hak Cipta kategori Perguruan Tinggi tahun 2020-2022 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Apresiasi ini diberikan kepada beberapa pihak termasuk perguruan tinggi yang berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya kreativitas dan inovasi Kekayaan Intelektual (KI) dalam rangka pemulihan perekonomian negara, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. pada Selasa (22/11/2022).

Sebagai informasi, kekayaan intelektual adalah karya yang timbul dari kemampuan intelektual manusia yang merupakan aset bernilai ekonomis. Perlindungan dan pemanfaatan karya intelektual memerlukan dukungan dari berbagai pihak, terutama pimpinan daerah dan instansi terkait.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan pembangunan ekonomi berbasis Kekayaan Intelektual.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah dan terus membantu pemerintah dalam membangun ekosistem kekayaan intelektual di Indonesia dalam rangka pemulihan ekonomi negara,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly .

Lantas, universitas mana saja yang mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM? Ini daftarnya.

10 Kampus Teratas Raih Permohonan Hak Cipta Terbanyak Selama Tahun 2020-2022

1. Universitas Negeri Jakarta
2. Universitas Negeri Malang
3. Universitas Padjajaran
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Tritunggal Palembang
6. Universitas Surabaya
7. Universitas Andalas
8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
9. Universitas Brawijaya
10. Universitas Trisakti

Top 10 Kampus Meraih Permohonan Paten Terbanyak Selama Tahun 2020-2022

1. Universitas Andalas
2. Universitas Brawijaya
3. Universitas Gadjah Mada
4. Universitas Diponegoro
5. Institut Teknologi Bandung
6. Universitas Sam Ratulangi
7. Universitas Negeri Malang
8. Institut Pertanian Bogor
9. Universitas Sumatera Utara
10. Universitas Indonesia

Penghargaan apresiasi tersebut diserahkan langsung oleh Kemendikbud kepada pihak terkait dalam Seminar Kekayaan Intelektual Lingkungan, salah satunya Rektor Universitas Andalas (Unand), Prof. Yuliandri SH, MH. Unand merupakan kampus dengan pendaftar paten terbanyak selama tahun 2020-2022.

Dalam situs resmi kampus disebutkan bahwa Unand telah mengajukan 1.519 permohonan paten dan permohonan pendaftaran invensi pada tahun 2022, dengan rincian 47 paten terdaftar, 274 paten sederhana, 897 hak cipta, 298 desain industri dan 3 merek dagang.

Paten dan invensi tersebut merupakan hasil penelitian dan pengabdian para dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang dikelola oleh Pusat Kekayaan Intelektual Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand.

Sementara itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) tercatat telah menyerahkan 90 paten kepada Dirjen Kementerian Hukum dan HAM selama tahun 2022, seperti dikutip dari laman resmi kampus.

“Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak paten produk teknologi hasil penelitian yang solid berbasis ilmu pengetahuan dari perguruan tinggi Indonesia, khususnya ITB, yang dapat dimanfaatkan oleh industri dan masyarakat sesuai motto ITB, local relevan,” harapnya. Kepala Inovasi ITB. dan Lembaga Pengembangan Kewirausahaan Ir R Sugeng Joko Sarwono, MT, PhD.

Menkumham berharap penghargaan yang diberikan dapat memotivasi pihak terkait untuk lebih menghasilkan kreativitas dan inovasi yang bernilai ekonomi dan dapat dikomersialkan.

Saksikan Video “Momen Gila di Goyang Bendera Kampus USTJ Papua”
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwk)