4 Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya dan Spesies yang Mendiami


Jakarta

Laut merupakan wilayah terluas di permukaan bumi, hampir 2/3 permukaan bumi diisi oleh laut, selebihnya daratan. Namun, laut tidak memiliki kedalaman yang sama. Ditemukan zona laut dangkal dan ada yang sedalam ribuan meter.

Kedalaman laut dibagi menjadi empat zona, diambil dari buku Geografi Cakrawala 1 karya Munawir S.Pd., dan buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) karya Nana Supriatna.

4 Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

Zona litoral adalah wilayah laut yang terletak di antara garis pasang dan surut dengan kedalaman 0 meter. zona laut Ini juga dikenal sebagai zona pesisir. Zona litoral kering saat air laut mengalami pasang surut, namun tergenang saat air pasang yang menyebabkan batas wilayah menjadi tidak jelas (pasti).

Jenis hewan laut yang menghuni zona pesisir seperti udang, kerang, kima, kepiting, dll.

Zona neritik adalah kawasan perairan dangkal yang terletak di dekat pantai dari batas pasang surut terluar hingga kedalaman 200 meter. Zona neritik disebut juga zona sublittoral. Kawasan ini sangat penting karena memiliki banyak potensi ikan laut.

Zona ini mendapat sinar matahari yang cukup sehingga kaya akan oksigen sehingga cocok sebagai habitat berbagai jenis biota laut dan untuk pertumbuhan organisme laut seperti plankton dan ubur-ubur.

Zona bathyal juga dikenal sebagai laut dalam. Zona ini memiliki kedalaman lebih dari 200 meter hingga 2.000 meter. Zona batial tidak dapat ditembus oleh sinar matahari.

Beberapa tumbuhan laut hidup dan beberapa hewan hidup di zona ini seperti hiu, paus, sotong dan sotong.

zona laut Abyssal adalah area dasar laut yang kedalamannya melebihi 2.000 meter. Zona ini juga dikenal sebagai laut dalam. Tekanan air laut yang sudah besar untuk bisa menjelajahi zona ini membutuhkan kapal selam khusus.

Suhunya sangat dingin karena tidak ada sinar matahari. Dalam keadaan gelap, hanya beberapa hewan yang dapat hidup seperti ikan anglerfish dan beberapa hewan laut lainnya yang dapat memancarkan cahaya.

Tonton Video “Aktivis Lingkungan Berenang Menyeberangi Laut Merah”
[Gambas:Video 20detik]
(teman-teman)