5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Otak Makin Cerdas, Salah Satunya Tidur Siang!


Jakarta

Banyak orang mulai mengurangi kebiasaan mereka seiring bertambahnya usia. Hal ini sering menyebabkan keterampilan atau kinerja otak menurun. Meskipun, beberapa kebiasaan perlu dijaga agar otak tetap terjaga.

Pakar tes kecerdasan dari Universitas Yale di Amerika Serikat, Alan Kaufman mengatakan, kecerdasan IQ tidak berubah seiring bertambahnya usia.

Jika seseorang mengikuti tes IQ berkali-kali selama periode 10 tahun, skor IQ mungkin sangat mirip. Ini karena IQ selalu diukur terhadap orang lain pada usia yang sama.

“IQ selalu dihitung relatif terhadap usia seseorang, apakah usia itu 10, 15, 25, 50, 72, atau 88. Misalnya, usia 25 tahun dibandingkan dengan usia 52 tahun lainnya. Mereka menjawab dengan benar pada setiap tugas yang diberikan, sama seperti mereka yang berusia 20 tahun dibandingkan dengan yang lain berusia 50 tahun,” jelasnya dikutip dari Sciencealert.

Meski usia tidak menurunkan kecerdasan, beberapa kebiasaan justru diyakini dapat meningkatkan kecerdasan seiring bertambahnya usia. Berikut daftarnya dikutip dari CNN Indonesia.

5 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Otak Anda Lebih Cerdas:

1. Gunakan Internet dengan Bijak

Banjir informasi semakin tak terkendali di dunia internet. Situs Muse melaporkan, media sosial telah menawarkan banyak hal mulai dari ilmu pengetahuan hingga informasi lainnya.

Agar tidak mudah teralihkan, cobalah untuk mengatur penggunaan internet dengan lebih bijak. Caranya adalah dengan melihat kebutuhan dan fungsinya.

Jika terkait dengan pekerjaan, gunakan untuk menemukan inspirasi atau ide terkait pekerjaan. Jika untuk hiburan, berikan durasi penggunaan dan tidak lebih dari 3 jam sehari.

2. Berada di Lingkungan Cerdas

Tidak dapat disangkal bahwa lingkaran pertemanan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Anda akan beruntung jika memiliki lingkungan yang bisa saling menguntungkan.

Umumnya lingkungan berisi teman-teman yang bijak dalam hal kehidupan. Sehingga dapat membantu Anda mendapatkan banyak pengetahuan baru saat bersama mereka.

3. Tidur siang

Siapa sangka tidur siang sebentar bisa membantu kekuatan otak secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang tidur siang menunjukkan manfaat kognitif, termasuk daya ingat dan penalaran logis yang lebih baik.

4. Baca Lebih Lanjut

Di segala usia, termasuk usia lanjut, kebiasaan membaca merupakan salah satu cara untuk menjaga kecerdasan. Hal ini dikarenakan otak akan terlatih untuk mengingat dan menyerap semua yang ada di dalam buku bacaan.

5. Selalu Belajar Hal Baru

Setiap orang harus memiliki prinsip bahwa setiap hari adalah waktu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Kebiasaan ini tidak hanya memberikan pengetahuan langsung tetapi juga melatih otak dan mengembangkan kemampuan.

Sebaliknya, jika kita berhenti belajar, sel-sel otak akan mati. Oleh karena itu, koneksi saraf baru di otak perlu dipertahankan dengan mempelajari sesuatu yang baru setiap hari.

Misalnya, sesuatu yang ditemukan di media sosial. Temukan makna dari hal-hal yang membuat Anda penasaran dan pahami secara ilmiah.

Jadi, inilah beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak seiring bertambahnya usia. Apakah detikers sudah melakukannya?

Simak Video “Polisi Tangkap Otak Warga Bandit Pakai Samurai di Medan”
[Gambas:Video 20detik]
(fase/nwy)