6 Fakta Menarik Mengenai Suku Maya, Bangsa yang Dikira Punah


Jakarta

Detikers tahu suku Maya? Suku ini terkenal dengan keunggulannya dalam bidang arsitektur, pertanian, penulisan hieroglif, dan pembuatan kalender. Bangsa Maya juga dikenal sebagai salah satu peradaban terbesar dalam sejarah.

Bangsa Maya telah tinggal di Amerika Tengah dan Semenanjung Yucatan sejak 1800 SM dan berkembang di wilayah tersebut selama ribuan tahun. Sayangnya, peradaban bangsa Maya runtuh antara tahun 800 – 1000 M. Hingga saat ini, penyebab keruntuhannya masih menjadi misteri dan dipelajari oleh para peneliti.

Perlu diingat, tujuan runtuhnya peradaban Maya adalah sistem politiknya, bukan rakyatnya. Ini karena populasi suku Maya masih tersebar luas terutama di Amerika Tengah. Hal ini disebutkan oleh Lisa Lucero, profesor antropologi dan studi abad pertengahan di University of Illinois Urbana-Champaign.

Melansir dari laman Mental Floss, ada beberapa fakta menarik tentang Maya. apa pun? Inilah pembahasannya.

7 Fakta Menarik tentang Maya

1. Mereka Tidak Menghilang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suku Maya tidak menghilang. Keturunan bangsa Maya masih ada hingga sekarang, sebagian besar tinggal di tanah leluhur seperti Guatemala, Amerika Tengah.

2. Memiliki Sistem Hieroglif yang Kompleks

Tulisan Maya yang berasal dari tahun 300 SM – 100 M tertanam di bangunan, monumen batu, buku langka, dan tembikar. Kalau kita menulis menggunakan 26 huruf, berbeda dengan bangsa Maya.

Kata-kata yang tertulis di bangunan dan benda ini sebenarnya terdiri dari lebih dari 800 hieroglif. Sistem hieroglif ini dianggap yang paling kompleks.

3. Asupan coklat

suku Maya ternyata makan kakao. Bukti arkeologis menunjukkan bangsa Maya mengolah kakao setidaknya 26.000 tahun yang lalu. Mereka juga memproduksi minuman yang terbuat dari coklat yang dicampur dengan coklat, air, madu, cabai, tepung maizena dan bahan lainnya.

Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat minuman berbusa dan pedas. Seni Maya dan hieroglif menyarankan orang minum kakao sebagai bagian penting dari perayaan ritual.

4. Penemuan Piramida Maya di Meksiko

Sebuah piramida Maya yang berusia lebih dari 1000 tahun ditemukan di Tonina, negara bagian Chiapas, Meksiko. Piramida itu tersembunyi di bawah bukit.

Pada 2015, para peneliti mengatakan itu adalah piramida tertinggi di Meksiko, mencapai 246 kaki.

5. Memiliki Bentuk Tengkorak Oval

Pada masa kanak-kanak, bangsa Maya pernah mengikat kepala mereka untuk mengubah bentuk tengkorak mereka menjadi lonjong atau memanjang. Ini dimaksudkan untuk menandai status sosial mereka dan berlaku untuk perempuan dan laki-laki.

Selain itu, mereka mengebor gigi depan dan menutupinya dengan batu giok, pirit, hematit, atau biru.

6. Gelar Olahraga Ekstrim

Fakta menarik lainnya tentang suku Maya adalah mereka memiliki olahraga ekstrim. Dikenal sebagai pitz, olahraga ini melibatkan mengoper bola karet seukuran sepak bola tanpa menggunakan tangan sambil mengenakan perlengkapan untuk melindungi tulang rusuk, lutut, dan lengan mereka.

Kemudian, pemain membawa bola melewati ring batu yang tinggi. Menurut mereka, olahraga bukan sekadar hobi, melainkan ritual penting. Kalah dalam olahraga bisa berujung pada pengorbanan.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang suku Maya. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan detikers!

Tonton Video “Penemuan Arkeologi di Indonesia yang Menghebohkan Dunia”
[Gambas:Video 20detik]
(baik/baik)