9 Manfaat Hewan bagi Manusia, Bahan Makanan hingga Penelitian


Jakarta

Manusia dalam kehidupannya membutuhkan makhluk hidup lainnya. Hewan adalah makhluk hidup yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, seperti dikutip dari e-module PASTI TOP Sukses Ujian SD/MI 2015 oleh Tim Ganesha Operasi-Tim Tunas Karya Guru

Hewan sendiri termasuk dalam jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hewan akan selalu tersedia dan dapat diproses, tetapi itu tidak berarti mereka dapat digunakan secara berlebihan.

Penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat diperhitungkan. Selain itu, keberadaan satwa juga perlu dijaga dan dilestarikan agar satwa tidak punah.

Apa manfaat hewan bagi manusia?

Manfaat Hewan Bagi Manusia

Mengutip dari Best Score 100 Elementary Science Bank Soal e-module oleh Eduka Master Team dan e-module Smart Plus Elementary Material Core oleh Eduka President Team. Manfaat hewan khusus untuk kehidupan manusia adalah:

1. Produsen Pangan

Hewan yang dijadikan makanan untuk dimakan, seperti daging (sapi, ayam, kambing), telur (ayam, bebek), susu (sapi, kambing).

2. Produsen Bahan Pakaian

Bahan pakaiannya adalah kain sutera dari ulat sutera, kain wool dari bulu domba, jaket kulit dari kulit sapi, tas kulit dari kulit kerbau.

3. Pembangkit Energi

Untuk membantu manusia dalam melakukan aktivitas, membajak sawah dengan bantuan kerbau, menarik gerobak dengan kuda, menarik kereta kuda dilakukan dengan lembu.

4. Produsen kerajinan

Bagaimana dengan bahan kerajinan permainan bulu tangkis yang berasal dari bulu angsa. Kemudian wayang kulit dibuat dari kulit sapi

5. Penghasil Pupuk Organik

Pupuk organik dihasilkan dari kotoran hewan atau dikenal dengan istilah pupuk kandang. Kotoran dihasilkan dari sapi, kambing atau kerbau

6. Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Memelihara proses rantai makanan dalam ekosistem dalam mengendalikan keseimbangan lingkungan

7. Menjaga Kesuburan Tanah

Hewan yang hidup di dalam tanah, seperti cacing tanah atau jangkrik, akan membangun sarang dan membuat lubang yang dapat membantu oksigen masuk ke dalam tanah.

8. Bahan Kajian

Ditambah lagi, manfaatnya hewan untuk manusia juga ditujukan dalam dunia sains sebagai bahan percobaan untuk penelitian seperti tikus putih.

9. Sumber Bahan Obat

Dalam dunia medis, beberapa hewan dimanfaatkan sebagai sumber bahan obat. Dikutip dari Buku Bestari Hiwan karya Jumanta, hewan yang bisa dijadikan bahan obat, kepiting tapal kuda, diambil karena darahnya yang berwarna biru.

Simak video “Penjahat yang mencuri 2 ternak di Tana Toraja ditangkap polisi”
[Gambas:Video 20detik]
(teman-teman)