Argentina Keok di Laga Pertama, Bisa Cari Inspirasi Tetap Juara dari…


Jakarta

Berjalan Argentina di Piala Dunia 2022 tidak dimulai dengan ideal karena kekalahan. Namun harapan juara Team Tango masih bisa dipertahankan mengingat sejarah.

Di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa (22/11), Argentina difavoritkan meraih kemenangan mudah atas Arab Saudi saat Lionel Messi mengawali gelar Piala Dunia terakhirnya.

Baru 10 menit laga berjalan, Messi berhasil menjebol gawang Arab Saudi dengan tendangan penalti. Prediksi Tim Tango tentang pesta gol, sampai saat itu, sepertinya akan menjadi kenyataan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Namun, kenyataannya berbeda. Fakta di lapangan Piala Dunia 2022 tidak sesuai dengan prediksi sebelum pertandingan. Saat peluit akhir dibunyikan, Argentina kalah 1-2 di tangan Arab Saudi.

Apakah ada tim yang bisa memenangkan Piala Dunia setelah kalah di pertandingan pertama?

Argentina memang kalah di pertandingan pertamanya. Namun peluang juara sejati masih terbuka. Apalagi dalam sejarahnya, ada negara yang melakukannya.

Tidak mudah menyadarinya. Meski sudah ada negara yang menjadi juara Piala Dunia setelah kalah di pertandingan pertama, hal ini hanya terjadi satu kali.

Ada Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan setelah kalah di pertandingan pertama. La Furia Roja bangkit kembali dari kekalahan 0-1 dari Swiss untuk memenangkan grup mereka setelah mengalahkan Honduras dan Chili.

Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010. Foto: AFP via Getty Images/CHRISTOPHE SIMON

Kemenangan seri 1-0, termasuk perpanjangan waktu di final atas Belanda, dalam prosesnya menjadikan Spanyol sebagai juara. Ini adalah satu-satunya saat sebuah negara memenangkan Piala Dunia setelah kalah di pertandingan pertama.

Tentu saja Argentina jalan masih panjang karena mereka baru saja melewati, dan kalah, di game pembuka. Masih ada dua pertandingan tersisa Piala Dunia 2022 selanjutnya adalah dalam upaya lolos dari babak penyisihan grup dengan tetap mempertahankan harapan juara. Yang pasti, Spanyol telah melakukannya.

(krs/af)