Bos Ruangguru Akui Kebanyakan Rekrut Karyawan, Kini Terpaksa PHK


Jakarta

Terungkap fakta mengejutkan di balik terjadinya PHK alias PHK massal Ruang guru. ‘Bos’ Ruangguru terang-terangan mempekerjakan terlalu banyak pekerja dan sekarang mereka malah merumahkan pekerja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirut Ruang guru Adamas Belva Syah Devara dan COO Ruangguru Iman Usman dalam keterangan resminya disampaikan melalui unggahan bersama di Instagram resmi @belvadevara dan @imanusman.

Dalam unggahan tersebut, keduanya terang-terangan mengakui bahwa mereka mempekerjakan terlalu banyak pekerja terlalu cepat. Hal ini didorong oleh kondisi bisnis Ruang guru yang meningkat pesat selama pandemi COVID-19.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Namun pada akhirnya, keadaan ekonomi saat ini dirasa menjadi beban bagi Ruangguru, hal ini juga berdampak pada perusahaan. Oleh karena itu opsi terminasi diambil dalam rangka mempertahankan bisnis perusahaan.

“Di awal merebaknya wabah COVID-19, Ruangguru mengalami peningkatan permintaan yang sangat besar yang mengakibatkan rekrutmen terlalu banyak dan cepat dalam dua tahun terakhir. Namun, situasi ekonomi akhir-akhir ini kurang mendukung bahkan cenderung menurun. Lebih buruk lagi, yang berdampak besar pada Ruangguru,” ujar Belva dan Iman dalam unggahannya, dikutip Senin (21/11/2022).

Belva dan Iman menjelaskan bahwa ekonomi global akhir-akhir ini menurun drastis dan berada pada level terendah dalam beberapa dekade. Situasi buruk ini terlihat dari tingginya tingkat inflasi dan kenaikan suku bunga yang secara signifikan memperburuk iklim investasi dunia.

“Ini memiliki implikasi yang luas bagi komunitas startup teknologi global, termasuk kami di Ruangguru,” lanjut keduanya.

Belva dan Iman juga meminta maaf atas PHK tersebut. Keduanya menyatakan PHK juga terjadi karena kegagalan perusahaan memprediksi dan mengantisipasi kondisi ekonomi.

“Dengan berat hati Ruangguru harus berpisah dengan ratusan anggota tim terbaiknya yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Kami mohon maaf atas kegagalan kami dalam mengantisipasi dan mengantisipasi kondisi ekonomi yang berkembang pesat,” ujar duo tersebut.

PHK Ratusan Karyawan, baca halaman selanjutnya

Tonton Video “Ruangguru Membenarkan PHK Ratusan Pekerja”
[Gambas:Video 20detik]