Cedera Horor Yasser Al Shahrani, Berapa Lama Rahang Retak Balik Normal Lagi?

Jakarta – Cedera mengerikan pada pemain sepak bola Arab Saudi, Yasser Al-Shahrani. Insiden itu terjadi saat pertandingan Piala Dunia saat Arab Saudi menghadapi Argentina, Selasa (22/11/2022).

Bek Arab Saudi Yasser dikabarkan mengalami patah tulang pada rahang dan tulang wajahnya. Disebutkan, ada juga pendarahan dalam yang membutuhkan penanganan segera.

Menurut dr Pruput Dwi Mutiari SpBM(K) dari RS Pondok Indah Bintaro, kemungkinan luka yang diderita Yasser termasuk dalam kategori ringan hingga sedang. Ini karena tidak ada kehilangan kesadaran.

Namun terkait dengan masa pemulihan, diperlukan analisis lebih lanjut mengenai berapa banyak dan seberapa parah patah tulang yang terjadi pada wajah dan rahang.

“Jadi harus dilihat bagian mukanya, ada beberapa bagian. Ada muka bawah, muka tengah, muka atas, nah berapa bagian yang dia punya,” jelasnya kepada detikcom Rabu (23/11/2022).

“Karena kalau saya lihat lutut kena di bawah mata, kena hidung, bahkan di mulut saya sendiri ada yang berdarah. Semakin banyak bagian tulang yang terkena, penyembuhannya juga akan semakin lama,” jelasnya.

Apalagi benturan yang menimpa Yasser dari lawan cukup keras. Pada jenis cedera yang terjadi, tingkat keparahannya dikatakan terbagi menjadi beberapa tingkatan.

“Kita bilang biasanya Le Fort 2, Le Fort 3, sekarang mungkin berat, kadang kalau berat bisa disertai hilang kesadaran, waktu saya lihat Yasser tidak hilang kesadaran dia langsung bangun, jadi mungkin itu antara ringan dan sedang kan? , karena kalau berat diikuti penurunan kesadaran,” jelasnya.

Dr Pruput menegaskan tingkat keparahan cedera tergantung pada jenis patah tulang. Jenis patah tulang bervariasi, dari hanya patah retak, hingga remuk sederhana, sulit dilihat tingkat keparahannya tanpa rontgen.

Namun, secara umum, jika cedera memengaruhi fungsi mengunyah, rata-rata membutuhkan perawatan dengan masa pemulihan sekitar dua hingga enam minggu hingga kembali normal. Pasien luka juga biasanya perlu makan makanan yang mudah ditelan seperti bubur.

BERIKUTNYA: Cedera mengerikan Yasser Al Shahrani

Tonton video “Tanda Peringatan Cedera Kepala”
[Gambas:Video 20detik]