Disusun dari Memori Kecil, Nana Jadi Film Terbaik FFI 2022


Jakarta

Festival Film Indonesia (FFI) baru saja digelar tadi malam di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Pemenang nominasi untuk setiap kategori diumumkan yang dimenangkan oleh beberapa wajah baru di industri perfilman Indonesia.

Menariknya, dalam penyelenggaraan FFI 2022, persaingan ketat antara film Dulu, Kini & Dulu (Nana) dan Suka Dendam, Rindu Mesti Dibayar Penuh. Kedua film tersebut mendominasi acara dengan memenangkan lima Piala Citra bersama.

Untuk Dulu, Kini & Lalu (Nana), film yang dibintangi oleh Happy Salma ini meraih Best Feature Film, Best Cinematography Director (Batara Goempar, IC S), Best Artistic Director (Vida Sylvia), Best Picture Editor (Akhmad Fesdi Anggoro), dan Best Picture Editor (Akhmad Fesdi Anggoro). Pengeditan Musik (Ricky Lionardi).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kamilia Andini selaku sutradara mengungkapkan kebahagiaannya setelah filmnya meraih Film Terbaik di ajang FFI 2022.

“Film Nana dibuat dari cerita keluarga. Cerita kecil ingatanku, Bahagia juga, tentang ibu kami perempuan sunda, nenekku Puan Fatimah, ibuku perempuan sunda. Ini disusun dari kenangan kecil tapi itulah Indonesia. Saya harap kemenangan ini mengajak semua sineas berbicara bahasa kita dan karakter kita,” kata Kami Andini di Jakarta Convention Center, Selasa (22/11/2022) siang.

“Ini menunjukkan bahwa kita memiliki bahasa universal dalam sinema. Dimanapun kita berada, konflik dan peristiwa apapun bisa kita rasakan di layar. Bahasa sinema adalah yang terkuat bagi kita semua,” lanjutnya.

Sementara Bak Balas Dendam, Rindu Harus Dibayar Penuh meraih nominasi Aktor Terbaik (Marthino Lio), Aktris Terbaik (Ladya Cheryl), Sutradara Terbaik (Edwin), Penulis Naskah Adaptasi Terbaik (Edwin, Eka Kurniawan), dan Perancang Busana. Terbaik (Gemailla Gea Gerantiana).

Marthino Lio mengaku bangga menerima Penghargaan Citra ini dalam nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik.

“Ini sebagai bentuk apresiasi dan saya sangat mengapresiasinya,” kata Marthino Lio.

Simak Video “Daftar Pemenang Festival Film Indonesia 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/dal)