Fakta-fakta Cedera Engkel yang Bikin Neymar Nangis Usai Kena Tekel Serbia

Jakarta

Neymar mengalami cedera pergelangan kaki saat pertandingan Brasil melawan Serbia di babak penyisihan Piala Dunia 2022. Dokter tim Brasil Rodrigo Lasmar mengatakan Neymar mengalami keseleo pergelangan kakinya. “Kami memberinya es saat dia di bangku cadangan dan kemudian di fisioterapi. Tidak ada tes yang dijadwalkan untuk saat ini tetapi kami akan menjadwalkannya jika perlu,” kata Lasmar kepada AP News.

Dia juga terlihat menangis sambil duduk di bangku sementara dokter merawat kakinya yang terluka. Saat menuju ruang ganti, Neymar pun berjalan dengan pincang.

Apa itu Cedera Pergelangan Kaki?

Dikutip dari WebMD, cedera pergelangan kaki atau ankle ditentukan oleh jenis jaringan (tulang, ligamen, atau tendon) yang rusak.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pergelangan kaki adalah titik pertemuan tiga tulang (tibia, fibula dan talus). Tulang-tulang ini disatukan di sendi pergelangan kaki oleh ligamen, yang merupakan pita elastis yang kuat dari jaringan ikat.

Fungsi ligamen adalah menahan tulang pada tempatnya sambil memungkinkan gerakan pergelangan kaki yang normal. Tendon menempelkan otot ke tulang untuk menggerakkan pergelangan kaki dan kaki, serta membantu menjaga kestabilan sendi.

Fraktur (fraktur) menggambarkan patahnya satu atau lebih tulang. Keseleo pergelangan kaki adalah istilah yang menggambarkan kerusakan pada ligamen saat diregangkan di luar jangkauan gerak normalnya.

Keseleo ligamen dapat berkisar dari robekan mikroskopis pada serat yang membentuk ligamen hingga robekan atau ruptur total. Ketegangan mengacu pada kerusakan otot dan tendon karena ditarik atau diregangkan terlalu jauh.

Ketegangan otot dan tendon lebih sering terjadi pada kaki dan punggung bagian bawah. Di pergelangan kaki, ada dua tendon yang sering tegang.

Ini adalah tendon peroneal yang menstabilkan dan melindungi pergelangan kaki. Mereka bisa meradang karena penggunaan berlebihan atau trauma.

Robekan tendon akut terjadi akibat trauma (benturan) atau kekuatan mendadak. Peradangan pada tendon disebut tendinitis. Robekan tendon mikroskopis yang menumpuk dari waktu ke waktu, dari peregangan berulang dan tidak sembuh dengan baik menyebabkan kondisi yang disebut tendinosis.

Tendon juga bisa pecah. Subloksasi mengacu pada tendon yang terlepas dari tempatnya.

BERIKUTNYA: Penyebab Cedera Pergelangan Kaki