Hidup di Air, Apakah Ubur-ubur Termasuk Jenis Ikan?


Jakarta

Sekitar 95 persen dari tubuh ubur ubur terdiri dari air. Makhluk ini memiliki anatomi yang relatif sederhana.

Ubur-ubur tidak memiliki otak, darah, atau bahkan hati. Tubuh mereka terdiri dari tiga lapisan.

Mengutip dari National Ocean Service USA, lapisan terluar tubuh ubur-ubur disebut epidermis. Sedangkan lapisan tengahnya memiliki struktur seperti agar-agar yang tebal dan elastis yang disebut mesoglea. Kemudian, lapisan paling dalam dikenal dengan nama gastrodermis.

Dilihat dari anatominya, ubur-ubur tidak mirip dengan ikan meski sama-sama hidup di air. Namun, apakah makhluk mirip jamur ini masih dikategorikan sebagai ikan?

Apakah Ubur-ubur termasuk jenis Ikan?

Meski hidup di air, sebenarnya ubur ubur bukan ikan. Mengutip dari Florida Keys National Marine Sanctuary, alasannya adalah ubur-ubur merupakan invertebrata berbentuk kubah (hewan yang tidak memiliki tulang punggung).

Sebaliknya, anatomi ikan berpusat di sekitar tulang belakang.

Karena tidak memiliki duri, ubur-ubur lebih tepat disebut ubur-ubur. Makhluk mirip payung dengan tentakel yang menjuntai ini berkerabat dekat dengan karang, anemon laut, cambuk laut, dan hidrozoa.

Ubur-ubur berkerabat dekat dengan anemon laut, cambuk laut, dll. karena mereka memiliki bagian tubuh yang khas, yaitu sel penyengat yang mirip tombak untuk menangkap mangsa.

Secara umum, sel penyengat disebut knidosit, yang berasal dari kata Yunani kuno untuk jelatang. Oleh karena itu, hewan dalam filum ini disebut cnidaria.

Knidosit di tentakel ubur-ubur mengeluarkan racun dari kantung yang disebut nematocysts. Fungsinya untuk membantu menangkap mangsa yang mengapung di air.

Bagaimana Ubur-Ubur Bergerak

Ubur-ubur memiliki mobilitas terbatas. Oleh karena itu, mereka menggunakan otot mereka untuk mendorong diri mereka sendiri dalam jarak pendek dengan melebarkan dan mengontraksi lonceng mereka.

Karena cara bergerak itu, ubur ubur dapat hanyut dalam arus dan sering muncul dalam kelompok besar.

Simak Video “Fenomena Ubur-ubur Menyerang Pantai Probolinggo Bikin Nelayan Berhenti Melaut”
[Gambas:Video 20detik]
(baik/teman)