Jarak Antara Imunisasi PCV Hanya 8 Hari, Apakah Aman Dok?


Jakarta

pertanyaan:

Selamat pagi Dok, saya mau tanya. Anak saya berumur 4 bulan 21 hari. Jika jarak antara imunisasi PCV pertama dan kedua hanya 8 hari, apakah akan ada efek samping atau tidak?

Tanggal 20 Oktober 2022 anak saya diimunisasi PCV di Posyandu, dan tanggal 28 Oktober 2022 saya ke puskesmas untuk imunisasi DPT lanjutan. Bidan sudah tahu anak saya diimunisasi pada tanggal 20 Oktober dengan PCV.

Namun, mereka tetap diberikan imunisasi PCV pada 28 Oktober lalu. Apakah ada efek sampingnya Dok?

Muhammad Safii Dzuhri (laki-laki, 33 tahun)

Menjawab:

Tidak perlu khawatir, pemberian vaksin PCV dengan penundaan hanya 8 hari tidak menimbulkan efek samping. Untuk jadwal vaksin selanjutnya tetap perlu dilakukan pada bulan berikutnya, karena interval vaksinasi yang lebih pendek tidak membuat pemberian vaksin lebih efektif, maka dilanjutkan dengan jadwal imunisasi berikutnya.

Namun, jika ada gejala setelah vaksinasi, silakan berkonsultasi dengan dokter anak.

Prof. dr. dr. Hindra Irawan Satari, M.Trop. Paed, Sp. A, Subsp. IPT

Dokter Anak, Subspesialis Infeksi Anak Tropis

Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom Bagi yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai informasi nama, umur dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya dapat ditulis dengan jelas atau disamarkan, sesuai dengan keinginan pembaca. Kami menjamin bahwa semua identitas penanya akan dirahasiakan.

Simak Video “Kejar Target Imunisasi Anak, Menkes Terapkan Skema Vaksinasi Covid-19”
[Gambas:Video 20detik]
(halo/vyp)