Kemenag Beri 500 Penghargaan bagi Guru di Hari Guru Nasional 2022


Jakarta

Pada momentum Hari Guru Nasional 2022, Kementerian Agama RI (Kemenag) memberikan 500 penghargaan kepada guru madrasah dalam GTK Madrasah Awards 2022, 23-25 ​​November 2022. Penghargaan ini meliputi kategori guru berprestasi, guru inovatif, guru inspiratif, guru berdedikasi, dan guru favorit. .

GTK Madrasah Award 2022 merupakan penghargaan kepada guru dan insan kependidikan (GTK) yang terus meningkatkan kompetensi, profesionalisme, kinerja dan prestasinya.

Direktur GTK Madrasah Kemenag Dr Muhammad Zain, MAg berharap penghargaan ini dapat memotivasi para guru dan insan kependidikan untuk terus berinovasi di tengah perubahan zaman yang begitu cepat.

“Guru dan tenaga kependidikan harus mampu menjawab dan terus berupaya untuk berbagai inovasi dan prestasi, khususnya di bidang pengajaran dan pendidikan. Itulah fokus kami saat ini,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip Jumat (25/ 11/2022). .

Dalam keterangan terpisah, Dirjen Pendis Kemenag Muhammad Ali Ramdhani meminta para guru madrasah untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan digital, khususnya teknologi pembelajaran. Menurutnya, penguasaan teknologi dapat mengoptimalkan pembelajaran di madrasah.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung itu menambahkan, mengadaptasi model pendidikan yang relevan dengan zaman, serta tetap berlandaskan nilai-nilai agama, menjadi penting. Dengan begitu, ia berharap pendidikan dapat mendorong masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Guru sejati selalu meningkatkan kompetensinya seiring dengan dinamika zaman. Ilmu dan keterampilannya perlu diperbarui dan diasah seiring dengan perkembangan teknologi kekinian, khususnya penguasaan teknologi yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran,” kata Dhani.

Di sisi lain, ia mengingatkan aspek keteladanan guru juga perlu diperkuat. Hal ini karena guru bertanggung jawab untuk membentuk perilaku spiritual dan moral siswa.

“Perlu diingat, bagi siswa madrasah, perkataan guru adalah ilmu, perilaku guru adalah teladan,” pungkasnya.

Simak Video “Bejat! Guru Pesantren di Bandung Menculik 3 Siswa Laki-Laki”
[Gambas:Video 20detik]
(dua / teman)