Lagi, Jerman Keok di Laga Pembuka Piala Dunia


Jakarta

Jerman kalah 1-2 dari Jepang di pertandingan pertama Piala Dunia 2022. Empat tahun lalu, Jerman juga kalah di laga pembuka Piala Dunia di Rusia.

Duel Jerman vs Jepang di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB, merupakan laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022. Jerman menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat tendangan penalti Ilkay Guendogan.

Namun, Jepang bangkit kembali di babak kedua. Samurai Biru memimpin berkat gol dari Ritsu Doan dan Takuma Asano.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Bayang-bayang kegagalan di Piala Dunia 2018 mungkin mulai menghantui Jerman. Die Mannschaft juga kalah di laga pertama babak penyisihan grup Piala Dunia 2018.

Saat itu, Jerman kalah 0-1 dari Meksiko di laga pertama Grup F. Jerman yang merupakan juara bertahan, akhirnya tersingkir di babak penyisihan grup setelah finis terbawah.

Kekalahan dari Jepang di Piala Dunia 2022 menyisakan catatan buruk bagi Jerman. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Jerman kalah dalam pertandingan pembuka Piala Dunia berturut-turut.

Padahal, Jerman sebelumnya sangat jarang kalah di laga pertama Piala Dunia. Menurut catatan Opta, Jerman sebelumnya hanya kalah sekali dalam laga pembuka Piala Dunia dalam 18 turnamen pertama mereka (M13 S4).

Jerman selanjutnya akan menghadapi Spanyol pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

(nds/adp)