Lantunan Ayat Suci Al Quran Buka Piala Dunia 2022


Jakarta

Piala Dunia 2022 resmi dibuka di Qatar! Pembukaan Piala Dunia 2022 dibuka dengan berbagai penampilan, di antaranya adalah pengajian.

Piala Dunia Qatar 2022 dibuka di Stadion Al Bayt, Al Khor Minggu (20/11) malam WIB. Stadion berkapasitas 60 ribu tempat duduk itu penuh.

Menyanyikan lagu ala Timur Tengah membuka Piala Dunia 2022. Morgan Freeman menjadi narator upacara pembukaan bersama Ghanim Muftah dan saling bercerita tentang kemanusiaan dan persatuan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Tentang kemanusiaan, Ghanim kemudian membacakan sebuah ayat dari Al-Qur’an. Surah Al-Hujurat ayat 13, ia bacakan dengan indah.

‘Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’uḥaw wa qabā`ila lita’ārafṭ’

“Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal,” katanya menafsirkan ayat tersebut.

Momen Morgan Freeman dan Ghanim Muftah saling bicara tentang keragaman kemanusiaan (Foto: AFP via Getty Images/ODD ANDERSEN)

Dikutip dari repositori Universitas Muhammadiyah Surabaya, Surat Al-Hujurat ayat 13 tidak menggunakan seruan hanya untuk orang beriman. Ayat ini menyebutkan semua manusia tanpa terkecuali.

“Artinya, ayat ini menguraikan prinsip-prinsip dasar hubungan manusia. Ayat tersebut menekankan kesatuan asal usul manusia dengan menunjukkan kesamaan kemanusiaan manusia,” tulis repositori tersebut.

Selanjutnya, pembukaan Piala Dunia 2022 berlangsung dengan sangat antusias. Lagu upacara pembukaan dari Piala Dunia 2010 hingga 2022 bergema dengan tarian.

Permainan lighting juga membuat suasana menjadi hidup. Selamat datang, Piala Dunia 2022!

(af/ran)