Pameran Tunggal Chiharu Shiota di Museum MACAN Ajak Pengunjung Merenung


Jakarta

Jika Anda seorang pecinta seni sejati, melihat ratusan karya seni Chiharu Shiota yang dipamerkan di Museum MACAN Jakarta pasti akan membuat Anda terkagum-kagum. Tak hanya itu, Chiharu Shiota seolah mengajak pengunjung untuk berefleksi, merefleksi diri, dan mengunjungi area pribadinya.

Pameran tunggal Chiharu Shiota: The Soul Trembles akan dibuka di Museum MACAN pada 26 November 2022 dan akan berlangsung hingga 30 April 2023. Selama 5 bulan, pameran yang diselenggarakan bekerjasama dengan Mori Art Museum ini akan menemani hari-hari Anda.

Direktur Mori Art Museum, Mami Kataoka yang juga kurator pameran The Soul of Trembles mengatakan, pameran touring global ini sudah dimulai sejak 2019 di Tokyo, Jepang.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Di masa pandemi ini, hampir 90 persen museum di dunia tutup dan situasi ini sudah terjadi hampir 3 tahun,” kata Mami Kataoka saat jumpa pers di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (11/ 24/2022).

Selama 3 tahun tersebut, Mori Art Museum selaku penyelenggara pameran The Soul Trembles mulai bertanya dan memikirkan pameran ini.

“Apa yang telah kita lakukan dengan hidup kita. Masing-masing dari kita memiliki sikap dan wabah telah membawa kita ke arah lain. Ini pertanyaan sederhana dan ada banyak jawaban penting, terutama dalam hidup kita,” lanjutnya.

Seniman Chiharu Shiota berpose dengan latar belakang karyanya bertema The Soul Trembles di Museum MACAN, Jakarta, Kamis (24/11/2022). Foto: Andhika Prasetia/ detikcom

Menurut Mami Kataoka, selama pandemi, ratusan karya seni Chiharu Shiota dikembalikan ke Jepang. “Kami simpan lagi dan menurut saya pameran ini sangat tepat saat ini, karena memiliki emosi yang dalam. Mengapa Anda hidup, terutama kehidupan setelah COVID,” kata Mami.

Ia melanjutkan, “Saatnya menunjukkan karya seni pasca-COVID Chiharu Shiota kepada dunia.”

Chiharu Shiota yang telah tinggal di Berlin sejak tahun 1996 mengatakan bahwa pameran ini berskala besar dalam hidupnya.

Seniman Chiharu Shiota (kanan) memberikan siaran pers terkait pameran The Soul Trembles di Museum MACAN, Jakarta, Kamis (24/11/2022). Foto: Andhika/ detikFOTO

“Ketika Mami Kataoka bertanya tentang penampilan solo, saya harus menjalani kemoterapi, saya tidak memiliki harapan untuk penampilan saya. Tapi ini adalah pameran besar dan Mami Kataoka berhasil memilih dan menampilkan karya saya secara berurutan,” tambahnya kepada detikcom.

Menurut Chiharu Shiota, pameran seni The Soul of Trembles sangat menantang baginya. “Ini pameran tunggal pertama saya di Jakarta,” ujarnya.

Selama pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles, museum akan menghadirkan area khusus bagi pengunjung untuk merenung, bermain, dan berpartisipasi dalam sebuah ruangan di mana berbagai objek dan cerita di baliknya akan ditampilkan. Bertajuk Mini Museum of Memories, kawasan ini merespon salah satu karya seniman, Connecting Small Memories (2019), dan akan menempati Children’s Art Room.

Tonton Video “Museum Harimau, Mengenang Masa Kecil Dengan Permainan Tradisional Jadul, Jakarta”
[Gambas:Video 20detik]
(tidak/ingin)