Pemodelan Matematika Oxford Prediksi Brasil Juara Piala Dunia 2022


Jakarta

Piala Dunia 2022 akan berlangsung mulai hari ini, Minggu (20/11/2022). Oleh karena itu, Universitas Oxford telah memprediksi negara mana yang akan memenangkan Piala Dunia 2022 melalui studi pemodelan matematika.

Seperti diketahui, ajang yang digelar setiap empat tahun sekali di Qatar ini merupakan kali pertama negara ini ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen bergengsi tersebut. Piala Dunia 2022 akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, hingga 18 Desember 2022.

Jadi bagaimana ahli matematika Oxford memprediksi pemenangnya? Piala Dunia 2022 melalui pemodelan matematika?

Pemodelan Matematika dengan Simulasi Fase Kelompok

Mahasiswa postdoctoral Oxford Institute of Mathematics Joshua Bull melakukan pemodelan matematika dengan mensimulasikan fase grup hingga satu juta kali dan mengambil hasil yang paling umum, seperti dikutip dari unggahan Instagram resmi @oxford.mathematics.

Kemudian, algoritma disimulasikan kembali untuk fase jatuh hingga 100.000 kali. Dia membuat model matematis dengan menganalisis peringkat Elo masing-masing tim dari data pertandingan internasional 2018.

Oxford memprediksi Brasil akan memenangkan Piala Dunia 2022

Sekadar informasi, Elo adalah peringkat tim sepak bola nasional putra yang dipublikasikan oleh situs web Elo Ratings.

Melalui pemodelan matematis ini, Oxford memprediksi bahwa Brasil akan menjadi tim yang paling berpotensi untuk menang.

Dalam pemodelan matematika Oxford, disebutkan bahwa Inggris akan kalah di babak perempat final (perempat final), sedangkan Argentina dan Brasil akan bertemu di babak semifinal.

Selanjutnya, Brasil akan melaju ke final bersama Belgia. Secara persentase, prediksi kemenangan Brasil adalah 61,3%, dan Belgia adalah 38,7%.

Pemodelan matematika Oxford menunjukkan Belanda, Argentina, Spanyol, dan Brasil berada di bagian yang sama dari bagan. Sedangkan Belgia menempati pangsa yang sama dengan Inggris, Prancis, dan Portugal.

Daftar Negara Dengan Peluang Tertinggi Juara Piala Dunia 2022

Persentase Negara Kemungkinan Juara Piala Dunia 2022 Foto: instagram @oxford.mathematics

Kajian Joshua Bull juga mengungkapkan persentase keseluruhan peluang negara itu untuk menjuarai Piala Dunia 2022. Brasil tetap di posisi teratas diikuti Argentina dan Belanda.

Posisi lima besar kemudian diisi berurutan oleh Spanyol di urutan ketiga, Prancis di urutan keempat, dan Belgia di urutan kelima.

Nah, itulah prediksi tentang juara Piala Dunia 2022 dilakukan oleh Joshua Bull melalui pemodelan matematika. Bagaimana menurut detikers, apakah kamu setuju dengan prediksi Oxford tersebut? Coba sebutkan tim favoritmu di Piala Dunia 2022!

Simak Video “Serunya FIFA Fan Festival, Titik Temu Suporter dari Berbagai Negara”
[Gambas:Video 20detik]
(fase/fase)