Peran Pemain J.League saat Jepang Kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022


Jakarta

Para pemain J.League memiliki peran untuk dimainkan Jepang mengalahkan Jerman 2-1, Rabu (23/11/2022). Tiga pemain dari klub J.League tampil sebagai starter.

Kemenangan tersebut merupakan yang pertama bagi Jepang dalam pertandingan Piala Dunia. Jerman unggul 1-0 lewat penalti Ilkay Gundogan di babak pertama.

Daihyo membalas dengan dua gol di babak kedua melalui dua pemain pengganti, Ritsu Doan dan Takuma Asano. Tim besutan Hajime Moriyasu juga menang 2-1 melawan wakil Eropa, di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Doha, Qatar,

Dalam kemenangan bersejarah tersebut, para pemain dari Liga J1 juga berperan penting. Dari tujuh pemain J.League yang dibawa Jepang ke Piala Dunia 2022, tiga di antaranya menjadi starter melawan Jerman.

Di bek sayap, ada Hiroki Sakai (Urawa Red Diamond) di kanan dan Yuto Nagatomo (FCTokyo) di kiri. Yuto Nagatomo bermain 57 menit sebelum digantikan oleh Kaoru Mitoma.

Nagatomo, yang tampil di Piala Dunia keempatnya, mencatatkan satu sapuan, satu kemenangan duel udara, keberhasilan operan 86 persen, 15 sentuhan bola, satu umpan kunci, dan satu umpan silang.

Pemain internasional senior Jepang Yuto Nagatomo (putih) diganti di babak kedua dalam kemenangan comeback sensasional 2-1 atas Jerman. Foto: dok. Liga J

Hiroki Sakai bermain 74 menit sebelum digantikan oleh Takumi Minamino. Sakai tampil luar biasa di belakang dengan lima sapuan, satu blok, satu intersepsi, empat tekel, dan memenangkan lima tujuh dari 14 duel yang dia mainkan.

Pemain tim nasional Jepang Hiroki Sakai tampil bagus melawan Jerman. Foto: dok. Liga J

Sedangkan untuk serangan, Sakai menyisir sayap kanan timnas Jepang dengan 48 sentuhan, 57 persen operan sukses, satu umpan kunci, dan satu tembakan.

Penampilan keduanya didukung penampilan apik penjaga gawang Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) yang terpilih sebagai man of the match FIFA.
Gonda sebenarnya memulai pertandingan dengan baik, sebelum melakukan pelanggaran kepada David Raum yang memberikan penalti kepada Jerman pada menit ke-33.

Selain itu, Gonda memang muncul sebagai tembok yang tak tergoyahkan di lini belakang Samurai Biru. Ia dibombardir dengan 26 tembakan dari timnas Jerman, dengan sembilan di antaranya tepat sasaran.

Penjaga gawang tim nasional Jepang Shuichi Gonda melakukan banyak penyelamatan gemilang saat menang 2-1 atas Jerman. Foto: dok. Liga J

Sepanjang pertandingan, Gonda harus melakukan delapan kali penyelamatan. Untuk satu hal, Gonda harus melakukan tiga penyelamatan luar biasa berturut-turut dari peluang Jonas Hofmann dan dua peluang Serge Gnabry, menjaga Jepang tetap bersih.

Sepanjang sejarah, hanya Yoshitaku Kawaguchi melawan Brasil di Piala Dunia 2006 yang membuat lebih banyak penyelamatan Piala Dunia untuk Samurai Biru dalam satu pertandingan (10 penyelamatan). Selanjutnya, para pemain J.League dan timnas Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada laga kedua Grup E, Minggu (27/11/2022), di Stadion Ahmad bin Ali, Ar-Rayyan.