Waspada Gempa Susulan, Ini Cara Menyelamatkan Diri yang Perlu Dilakukan


Jakarta

Gempa bumi Apa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 SR membuat gempar masyarakat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk waspada.

Pasalnya, BMKG mencatat ada 25 kali gempa susulan pascagempa Cianjur. Menurut dia, gempa susulan terkuat mencapai 4 Magnitudo, sedangkan yang terkecil bermagnitudo 1,8.

“25 kali gempa susulan,” kata Kepala BMKG Dwikorita dikutip dari Berita Terkini.

Gempa Cianjur tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Jawa Barat, tetapi juga dirasakan oleh daerah sekitarnya seperti Jakarta, Bogor, dan Depok.

Oleh karena itu, ada beberapa upaya untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa. Dikutip dari website Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI beserta pemaparannya.

Langkah Menyelamatkan Diri Saat Gempa

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Secara Umum

1. Jatuhkan tubuh Anda ke tangan dan lutut sebelumnya gempa bumi terbentur bumi Posisi ini melindungi kita dari jatuh dan masih memungkinkan kita untuk bergerak jika diperlukan.

2. Temukan penutup kepala, leher, dan seluruh tubuh jika memungkinkan, yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berteduh, bergeraklah ke arah dinding bagian dalam atau sisi furnitur yang letaknya rendah agar tidak terjepit. Jangan lupa untuk menutupi kepala dan leher dengan tangan.

3. Tetap tertutup sampai goncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak jika getaran mulai menyebabkan sesuatu berubah atau rusak.

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Saat Di Dalam Ruangan

1. Sebelum goncangan semakin kuat, jauhi kaca, benda gantung, rak buku atau perabot besar lainnya yang bisa jatuh. Perhatikan benda-benda yang jatuh seperti batu bata, lampu, dekorasi dinding, dan sebagainya.

2. Dapatkan sesuatu di dekat Anda untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

3. Saat berada di dapur, segera matikan kompor dan tutupi saat terjadi goncangan pertama.

4. Saat di tempat tidur, tetaplah di sana dan tutupi kepala Anda dengan bantal. Pecahan kaca di lantai bisa melukai kita saat kita keluar rumah.

5. Jangan berdiri di depan pintu, berlindunglah di bawah meja. Pintu tidak dapat melindungi dari potensi sumber cedera

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa di Gedung Bertingkat

1. Jauhi jendela dan dinding luar

2. Tetap di dalam ruangan

3. Jangan menggunakan lift, karena aliran listrik dapat terputus dan sistem sprinkler dapat terganggu. Ini menciptakan risiko berbahaya lainnya

4. Jika macet, tetap tenang. Usahakan untuk mendapatkan perhatian seseorang dengan cara mengetuk bagian struktur yang keras atau logam, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita mendapatkan pertolongan ke tempat yang aman.

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa di Tempat Ramai

1. Jangan terburu-buru ke pintu keluar agar tidak sesak.

2. Jauhi rak pajangan yang berisi benda-benda yang bisa jatuh.

3. Berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing dan kaca yang berjatuhan.

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa di Luar

1. Jauhi bangunan, saluran listrik, saluran pembuangan, dan saluran bahan bakar dan gas.

2. Pergilah ke area terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan.

3. Area di dekat tembok luar bangunan adalah tempat yang paling berbahaya. Jendela, fasad, dan detail arsitektur sering menjadi bagian pertama dari bangunan yang runtuh. Cobalah untuk menjauh dari zona bahaya ini.

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa di Mobil

1. Jauhi perempatan, arahkan mobil ke bahu kiri jalan untuk berhenti.

2. Ikuti petunjuk pihak berwenang dengan memperhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lain seperti handphone.

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa di Wilayah Pesisir

Jika Anda berada atau tinggal di daerah pesisir, segera menjauhlah dari laut, karena ada kemungkinan tsunami.

Jadi, inilah beberapa cara Anda dapat menyelamatkan diri ketika itu terjadi gempa bumi bumi. Semoga bermanfaat!

Tonton Video “Gempa Cianjur Dampak Infrastruktur Telekomunikasi”
[Gambas:Video 20detik]
(fase/fase)