Wow! Wasit Piala Dunia 2022 Auto Kaya, Gajinya Tembus Rp 4 Miliar

Jakarta

Piala Dunia Qatar 2022 resmi berlangsung setelah upacara pembukaan digelar di Stadion Al bayt, Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11) malam tadi. Wasit terbaik dari konfederasi sepak bola ini akan memimpin setiap pertandingan di Piala Dunia Qatar.

Tentunya untuk turnamen sebesar ini FIFA akan memilih wasit terbaik dengan pengalaman tertinggi. Karena wasit pertandingan merupakan sosok yang paling berpengaruh di lapangan dan bertanggung jawab utama atas berlangsungnya pertandingan.

Berperan penting dalam turnamen besar, lalu berapa gaji yang bisa diterima wasit Piala Dunia 2022?

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dilansir dari siteas.com, diketahui sejak Piala Dunia di Rusia (2018), FIFA menetapkan setiap pertandingan wasit akan menerima gaji pokok sebesar US$70.000 atau setara dengan Rp1,09 miliar (kurs Rp15.700/dolar AS). ) saat berpartisipasi dalam penyelenggaraan Piala Dunia.

Selain itu, FIFA juga menetapkan bahwa setiap asisten wasit akan menerima uang muka sebesar US$ 25.000 untuk keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Ini pertama kali dilakukan dalam sejarah kompetisi ini.

Untuk memudahkan pemahaman, berikut adalah rincian biaya untuk wasit pertandingan Piala Dunia:

1. Wasit Pertandingan

Wasit pertandingan adalah sosok paling berpengaruh di lapangan dan terutama bertanggung jawab atas permainan. Wasit lapangan hijau dibayar US$ 3.000 (sekitar Rp 47,1 juta) untuk setiap pertandingan di babak penyisihan grup.

Gaji mereka akan naik menjadi US$ 10.000 (setara Rp 157 juta) untuk babak play-off atau final. Dalam kebanyakan kasus, petugas pertandingan rata-rata mengawasi dua pertandingan, dan FIFA menambahkan biaya pertandingan yang mereka peroleh ke dalam pembayaran kontrak mereka.

Wasit yang memimpin semua pertandingan, termasuk final, bisa mendapatkan hingga $300.000 selama turnamen berlangsung.

2. Asisten Wasit

Dua asisten wasit di kedua sisi lapangan memiliki tugas utama mengawasi pelanggaran offside dan pelanggaran lain di dekat mereka yang mungkin tidak terlihat oleh wasit pertandingan.

Untuk gaji, mereka menerima US$ 2.500 atau sekitar Rp 39,25 juta per pertandingan di babak penyisihan grup dan US$ 5.000 atau sekitar Rp 78,5 juta untuk play-off atau final.

Jika asisten wasit menjalankan tugasnya dengan baik, gaji yang bisa mereka terima mencapai US$ 150.000 atau sekitar Rp 2,35 miliar selama Piala Dunia 2022.

3. Wasit Keempat

Wasit keempat adalah orang yang mengawasi proses pergantian pemain dan memeriksa perlengkapan pemain atau pemain pengganti. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengawasi pertukaran bola selama pertandingan.

Mereka mendapatkan bayaran yang sama dengan asisten wasit yaitu US$2.500 atau sekitar Rp39,25 juta untuk setiap pertandingan penyisihan grup dan US$5.000 atau setara dengan Rp78,5 juta untuk babak playoff atau final.

Jika tetap memegang kendali hingga final, total gaji yang bisa mereka terima adalah US$150.000 atau sekitar Rp 2,35 miliar.

4. VAR (Video Asisten Wasit)

Perubahan paling penting dalam aturan sepakbola dalam beberapa tahun terakhir adalah penggunaan VAR (Video Assistant Referees). VAR sendiri biasanya disediakan oleh tuan rumah turnamen

Negara yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 akan mendapatkan US$ 3.000 atau setara Rp 47,1 juta untuk satu pertandingan. Selama tahap akhir turnamen, pembayaran meningkat menjadi US$5.000.

Oleh karena itu, jumlah pembayaran yang ideal selama turnamen Piala Dunia bisa mencapai US$ 175.000 atau sekitar Rp 2,74 miliar.

Lihat juga Video: Inggris Kalahkan Iran, Suporter: Sulit Dipercaya

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)